Potensi Tsunami Raksasa Akan Terjadi Di Beberapa Wilayah Indonesia

Potensi Tsunami Raksasa Akan Terjadi Di Beberapa Wilayah Indonesia

Potensi Tsunami Raksasa Akan Terjadi Di Beberapa Wilayah Indonesia Setelah Adanya Gempa

Potensi Tsunami Raksasa Akan Terjadi Di Beberapa Wilayah Indonesia

Kekhawatiran akan terjadinya kembali Tsunami raksasa di negara kita indonesia ini memang sangat menakutkan sekali. Pihak dari BMKG telah mengeluarkan peringatan akan terjadinya kembali gelombang besar ini pada beberapa titik wilayah. Hal ini memang benar apa adanya, dan sudah disampaikan langsung oleh kepala badan meteorologi, klimatologi, dan juga geofisika yang dipinpin oleh Dwikorita karnawati.

Untuk mengantisipasi hal ini, kepala BMKG telah melakukan simulasi gempa dan juga tsunami di daerah pacintan bersama dengan beberapa petinggi pemerintahan jawa timur. Wilayah pacintan ini termaksud tempat yang paling dikhawatirkan akan terkena potensi tsunami, dan maka itu para warga disana sangat diharapkan tetap waspada agar siap selalu untuk menghadapi dampak terburuk nantinya.

Kepala BMKG bersama mentri rismaharini, dan juga bupati pacintan melakukan vertifikasi simulasi terhadap beberapa titik zona bahaya yang harus melewati jalur evakuasi nantinya. Simulasi ini sangat penting dan juga bisa diharapkan kepada para masyarakat agar bisa mandiri nantinya jika bencana tersebut datang dengan tiba-tiba.

Menteri sosial Tri Rismaharini juga telah memberikan pengarahan tentang peringatan akan dampak tsunami yang akan datang ketika gempa terjadi. Jadi sangat disarankan sekali pada warga agar langsung mandiri mengevakuasi diri tanpa ada himbauan atau peringatan lagi ketika gempa sudah terjadi.

Selain dari warga kota sangat diharapkan untuk bisa bergerak cepat, dan apalagi bagi masyarakat pesisir pantai ini hanya memiliki waktu sekitar 20 menitan saja untuk pindah tempat. Jadi simulasi ini harus sering dilakukan, serta diingat oleh para masyarakat disana agar jika saatnya tiba mereka tidak akan kebingungan dan harus menunggu aba-aba lagi.

Untuk jalur evakuasi telah disediakan oleh pihak BMKG, dan seluruh warga bisa langsung kabur ke zona-zona hijau yang memiliki tempat lebih tinggi. Dengan mengetahui akan banyaknya zona merak pada ramainya penduduk, maka pemerintah harus menyiapkan segala hal dalam menangulangi bencana yang akan datang tersebut.

Selain itu pemerintah daerah bersama pihak BMKG telah mempersiapkan juga secara khusus untuk sarana orang-orang yang sudah lanjut usia. Selain itu tempat penampungan sementara juga telah dipersiapkan, dan SDM atau sumber daya manusia akan disedikan buat para pengungsi.

Gempa dan tsunami ini tidak dapat diprediksikan kepastiannya, karena memang teknologi secanggih apapun sangat mustahil bisa tau bencana tersebut. Itulah mengapa BMKG sangat mengharapkan kesadaran penduduk pantai agar tetap waspada selalu di malam hari.