Mengerikan Gunung Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter

Mengerikan Gunung Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter

Mengerikan Gunung Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter – Gunung Sinabung termasuk salah satu gunung berapi aktif dan juga memiliki aktivitas yang cukup sering yang berada di kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Nah, tepat di tanggal 2 Maret 2021 yang lalu, Sinabung yang termasuk gunung berapi tertinggi di Sumatera ini pun mengeluarkan awan panas guguran ke udara. menjadi hot news dunia minggu ini.

Mengerikan Gunung Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter

 

Kondisi Mengerikan Gunung Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter Sampai Ke Aceh

Mengerikan Gunung Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter

  Semua itu pun dicatat oleh Armen Purba selaku Kepala Pengamatan Gunung Sinabung dengan kondisi awan panas yang keluar dari guguran Gunung Sinabung yang memiliki ketinggi hingga 3.000 meter ke arah timur tenggara pada pukul 07.11 WIB. Sungguh mengerikan sekali jika mengetahui kondisi warga yang tinggal di daerah Gunung Sinabung ini.

Namun untuk letusan kedua pun terjadi di pukul 07.15 dengan kondisi awan panas +/- 4.500 meter menuju arah tenggara timur dan ketinggian mencapai +/- 5.000 meter dengan kecepatan 120mm. Untuk letusan yang kedua ini pun membawa abu vulkanik  sampai ke Provinsi Aceh yang berjarak 376 Km dari kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter

Untuk diketahui bersama bahwa Gunung Api tertinggi Sumatera Utara ini telah lama mengalami erupsi sejak tahun 2013 yang lalu, dan masuk dalam kondisi non aktif. Akan tetapi pada letusan gunung Sinabung kali ini mengeluarkan letusan eksplosif yang juga membentuk kubah lava pada bagian puncak Gunung tersebut

Aktivitas Gunung Merapi Sumatera Meningkat Dan Masuk Status Siaga

Abu Setinggi 5.000 Meter Dari Sinabung

Dengan adanya 2 letusan dan jumlah abu vulkanik yang membesar pada aktivitas Gunung, kemudian membuat Status Level Siaga dari Gunung Sinabung. Hal itu tentunya memberikan himbauan dan juga informasi kepada setiap masyarakat yang tinggal di daerah karo serta wisatawan luar negeri dan domestik untuk tidak memasuki zona merah Sinabung tersebut.

Ikutin juga artikel berikutnya mengenai Bencana Alam Dunia pada Jan 2020

Kondisi terbaru, masyarakat saat ini tengah berada dan juga memilih mengungsi ke dekat sungai sungai yang berhulu di Sinabung dalam upaya menghindari bahaya lahar panas letusan Gunung Berapi dengan ketinggian 2.460 meter dibawah permukaan laut.

Sinabung Meletus Dengan Abu Setinggi 5.000 Meter

Berikut Rangkuman dan Kondisi terkini dari pantauan wartawan aigameresearch.org di lokasi Gunung Merapi Sinabung d:

  • Masyarakat ataupun wisatawan dilarang melakukan aktivitas  di desa ataupun wilayah dalam radius 3km dari puncak Sinabung, 4 km di bagian timur-utara, 5 km dari arah selatan -timur.
  • Jika terjadi hujan abu, seluruh masyarakat diharapikan memakai APD berupa masker ketika keluar rumah dalam upaya pengurangan gangguan kesehatan.
  • Mengenai abu ini pun, seluruh warga Karo dan sekitarnya diminta membersihkan atap rumah dan juga menutup semua saluran air bersih, yakni Sumur. Dan jika abu terlalu tebal bisa mengakibatkan bangunan roboh.
  • Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai di hulu pun diharuskan menghindari daerah daerah tersebut, dikarenakan jika terjadi hujan erupsi lahar dari Sinabung bisa terbawa ke sepanjang sungai hulu itu.