Lapisan Es Greenland Mencair Akan Menjadi Pertanda Buruk

Lapisan Es Greenland Mencair Akan Menjadi Pertanda Buruk

Lapisan Kedua Kutub Es Greenland dan Antartike Mencair Akan Menjadi Pertanda Buruk

Lapisan Es Greenland Mencair Akan Menjadi Pertanda Buruk

Pastinya kalian tau akan Greenland yang memiliki lapisan es tebal di kutub utara yang tak pernah mencair ini. Nah, sekarang ditemukan oleh ilmuan NASA bahwa akhir-akhir ini telah mencair karena akibat dari ulah manusia. Jelas mencairnya es di greenland ini akan bisa berdampak buruk bagi bumi, karena ini bisa membuktikan perubahan iklim darurat telah terjadi. Perubahan iklim karena pemanasan global ini tidak boleh dianggap remeh, karena bisa berdampak bencana bagi semua manusisa di bumi.

Awalnya orang-orang hanya berfikir mencairnya Es Greenland ini hanya seperti biasanya saja, tapi ilmuan dari NASA bersama pilotnya menaiki pesawat DC-3 untuk melihat apa yang terjadi malah membuatnya kaget. Willis yang merupakan seorang ilmuan dari NASA bersama pilot Haffey tercengang karena baanyak bongkahan es tebal kini mencair dimana-mana dalam skala besar di Greenland. Sudah berpuluh-puluh tahun Willis mengamati es disana dari atas, tapi baru kali ini ia mendapat bencana terparah kini dari data-datanya.

Mencairnya Es dari Greenland ini difaktorkan dari perubahan iklim yang diklaim akibat dari ulah manusia juga. Perubahan iklim ini tidak seperti biasanya, karena suhu panas di bumi menjadi lebih meningkat daripada biasanya sehingga bisa melelehkan es beku. Pencairan ini sudah terjadi selama dua dekade terakhir ini lamanya, dan semangkin lama menjadi lebih extrim lagi.

Es abadi dari masing-masing wilayah kutub ini sama-sama mencair, dan itu menyebabkan kegelisahan dari para ilmuan. Dampak dari melelehnya es ini menyebabkan ketinggian air laut menjadi bertambah terus-menerus. Beberapa puluh tahun terakhir ini greenland dan juga antartika mengalami penyusutan ketebalan es abadinya hingga 6 kali lipat banyaknya.

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya : Perubahan Iklim Terus Menerus Akan Membuat Manusia Punah

Pihak penelitian dari Nationaal Snow and Ice telah mendata bahwa es yang mencair secara extrim pada greenland bisa mencapai lebih dari 800 rb kilometer persegi. Sekarang ini dengan cuaca yang memburuk membuat curah hujan dan angin kencang di sana menjadi sangat extrim sehingga badai salju menjadi sangat bahaya.

Tidak hanya di kedua kutub saja yang mendapatkan dampaknya, tapi wilayah dari berbagai belahan bumi juga mengalami bencana akan arus laut yang semangkin kencang. Suhu global kini meningkat hingga 3 sampai 4 derajat celcius, dan ini menyebabkan bertambahnya variabilitas. Banyak peneliti dan ilmuan dari kanada, AS, jerman, dan inggris telah mencocokkan laporan data-datanya yang akan diterbitkan oleh nature nantinya. Akibat dari pencairan es membuat para pelayar harus lebih berhati-hati juga karena pola arus laut menjadi tidak beraturan karena suhu global.