Gempa Bumi 8,1 SR Di Negara New Zealand

Gempa Bumi 8,1 SR Di Negara New Zealand

Gempa Bumi 8,1 SR di Negara New Zealand – Tepat di tanggal 5 mar 2021 waktu setempat, salah satu negara Oceania New Zealand ataupun yang disebut dengan nama Selandia Baru terkena bencana alam Gempat Bumi dengan Kekuatan mencapai 8,1 Skala Richter.

Hal itu pun sempat membuat masyarakat Oceania tersebut khawatir dengan adanya pemberitaan mengenai Tanda Tanda Tsunami akibat gempa bumi yang pernah melanda negara tersebut.

Peristiwa Gempa Bumi 8,1 SR Di Negara New Zealand Picu Tsunami Regional

Gempa Bumi 8,1 SR Di Negara New Zealand

Seperti yang disampaikan oleh Surat Kabar New Zealand Herald pada Jumat (5/3/2021) bahwa gempa bumi dengan Magnitudi 8,1 SR ini berpusat di titik dekat Pulau Raoul yang hanya memiliki jarak 1,000 km dari kota Selandia Baru.

Gempa dengan kekuatan paling besar dalam sejarah di Selandia ini pun terjadi pada pukul 08.28 waktu New Zealand dengan pusat gempat cukup dangkap yakni hanya 20 km dari permukaan laut.

Di Negara New Zealand

Namun rupanya gempa tersebut merupakan goncangan yang kedua, dimana pada pagi hari dilokasi yang hampir sama telah terjadi gempa dengan kekuaran M 7,3 di Lepas Pantai East Cape. Dan Goncangan gempa yang pertama ini pun ditenggarai yang membuat patahan terbalik.

Dengan kejadian gempa yang sangat besar kekuatannya tersebut di Negara Selandia Baru pun membuat Pemerintah Selandia batu mengumumkan adanya Peringatan Tsunami dan membuat warganya menghindari daerah pantai dan sekitarnya.  Semua itu pun dikarenakan hasil pantauan dari Penanggulangan Darurat Nasional (NEMA) tentang kondisi gelombang air laut yang terjadi dan menerpa beberapa area, yakni Teluk Tokomaru di Pantai Timur Selandia Baru.

Gempa Bumi 8,1 SR Di Negara New Zealand

Dan ketika kemarin tanggal 5 maret 2021 yang lalu setidaknya terjadi 3 kali gempa kuat yang dimanan membuat pemerintah Selandia Baru mengeluarkan peringatan dini tentang Tsunami di Kawasan Pasifik Selatan. Semua itu tentunya merupakan langkah pencegahan dari Negara Selandia Baru untuk memberikan informasi tentang keselamatan warga negaranya.

Di Negara New Zealand

Kumpulan Fakta Gempa Besar Di Selandia Baru

Dibawah ini adalah beberapa fakta terbaru dan terlengkap yang berhasil dikumpulkan oleh wartawan aigameresearch.org dari hasil pantauan sementara di lokasi gempa Selandia Baru:

  • Gelombang getaran Gempa terjadi dari kamis malam hingga jumat pagi waktu setempat di tanggal 4 – 5 Maret 2021 dengan berpusat di jalur tunjaman Kermandec, Selandia Baru
  • Untuk Gempa Pertama memiliki kekuatan 7,3  pada pukul 20.27 dengan jarak 174 km arah timur laut Gisborne. Itu pun dilanjutkan dengan gempa kedua yang terjadi di pukul 00.41 dengan kekuatan mencapai 7,4 SR. Sedangkan gempat ketiga yang memiliki kekuatan terbesar 8,1 ini melanda dan meresahkan warganya dikarenakan hanya memiliki jarak 1.000km dari Selandia Baru.
  • Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru pun mengeluarkan larangan warganya untuk menjauh dan menghindari daerah pantai Timur Selandia baru dengan Peringatan Dini Tsunami. Beberapa daerah yang dimaksud diantaranya Bay of Islands hingga Whangarei, dari Matata hingga Teluk Tolaga termasuk Whakatane dan Opotiki, dan Great Barrier Island agar melakukan evakuasi ke tempat-tempat yang lebih tinggi dan menghindari area dekat pantai.
  • Sesuai pencekkan untuk potensi tsunami akibat gempat 8,1 tersebtu pun berada di laut, seperti Kingston Norfolk (56 Cm), Great Barrier (30 Cm), North Cape (15 Cm), East Cape (16 Cm), dan Nukualofa (5 Cm).
  • Sebagai informasi Selandia Baru merupakan sebuah negara kepulauan yang cukup rawan dengan Tsunami. Hal itu pun dikarenakan setidaknya telah terjadi 14 kali tsunami sejak tahun 1212. Dimulai dari tsunami tahun 1215, 1545, 1820, 1826, 1855, 1868, 1877, 1913, 1929,1931, 1946, 1947, 1960, dan 2016